Wednesday 26 January 2011

Data Flow Diagram


Perancangan Sistem
Alat Bantu Perancangan Sistem
          Adapun alat bantu yang digunakan dalam perancangan atau pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian umumnya berupa gambaran atau diagram adalah sebagai berikut :   
Data Flow Diagram
Data flow diagram adalah salah satu tool yang paling penting bagi seorang analis sistem untuk membuat gambaran sistem secara logika. Gambaran ini tidak tergantung pada perangkat keras, perangkat lunak, struktur data dan organisasi file.
 Penggunaan DFD sebagai modelling tools dipopulerkan oleh Tom De Marco (1978) dan Gane & Sarson (1979) dengan menggunakan pendekatan metoda analisis sistem tersruktur (structured sistem analysis method).
Adapun keuntungan dari penggunaaan data flow diagram adalah untuk memudahkan user (pemakai) untuk mengerti tentang sistem yang akan dikerjakan. DFD dapat juga digunakan untuk mempresentasikan suatu sistem yang otomatis maupaun manual dengan melalui gambar yang berbentuk jaringan grafik. Proses data flow diagram dapat berupa program, dapat juga berupa transformasi data secara manual. Penyimpan data merupakan file, elemen dan database atau bagian dari record. Penyimpanan dapat berupa disk, magnetic drum type, magnetic tape dan lain sebagainya. Adapun komponen-komponennya adalah sebagai berikut :
Proses data flow diagram dapat merupakan program, satu program, satu modul, atau sub program, dapat juga berupa tranformasi data secara manual. Penyimpanan dapat berupa disket, Magnetic drum, magnetic tape, dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment