Wednesday 26 January 2011

Model Database


  Menurut Jogiyanto, basis data adalah kumpulan dari data yang sedang berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak memanipulasinya. Jadi secara konsep basis data atau database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) dengan tata cara yang tertentu untuk membentuk data baru atau informasi. Beberapa model data base :
a.       Model Hierarkis
  Sering dikenal dengan binary tree (pohon biner) atau binary relationship. merupakan jenis struktur tree yang terbaik dimana data akar (root) mempunyai beberapa cabang. Pada setiap cabang satu objek atau lebih dapat dihubungkan dengan objek yang lebih tinggi dan satu objek dapat dihubungkan dengan objek yang lebih rendah.
b.   Model Jaringan
            Model jaringan ini mirip dengan hierarki modelnya, yang data dan hubungan antara data direpresentasikan dengan record dan link. Perbedaan terletak pada susunana record dan linknya yaitu network model menyusun recordrecord dalam bentuk graph
c.    Model Relasional
Model relasional adalah model yang paling banyak digunakan dari ketiga struktur database ini. Di dalam model relasional, semua elemen data dalam database dipandang, disimpan dalam bentuk table-tabel sederhana.

0 comments:

Post a Comment