Sunday 23 January 2011

Konsep Sistem -1


Salah satu penerapan sistem informasi dalam perusahaan adalah menyangkut sistem informasi akuntansi. Sebelum dilihat lebih jauh tentang sistem informasi ada baiknya dibahas terlebih dahulu mengenai pengertian sistem.
Zaki Baridwan dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi, menguraikan beberapa defenisi sistem yang dikutip dari beberapa pakar :
1.      Moscove
Suatu sistem adalah suatu entity ( kesatuan ) yang terdiri dari bagian­bagian yang saling berhubungan ( disebut sub sistem ) yang bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu.
2.      Murdick
Suatu sistem adalah suatu kumpulan elemen-elemen yang dijadikan satu tujuan umum.
3.      Cole/Neusehel
Sistem adalah suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh ( terintegrasi ) untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.
 
           
Ketiga defenisi diatas menunjukkan dua sudut pandangan yang berbeda. Moscove dan Murdick memberikan defenisi yang serupa, yaitu bahwa sistem dari subsistem yang secara keseluruhan bertujuan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Defenisi dari Cole/neuschel lebih sempit dari defenisi pertama, karena ditekan pada sistem dari perusahaan.

0 comments:

Post a Comment