Wednesday 26 January 2011

Perkembangan Bahasa Visual Basic 6.0


Sejarah Visual basic diawali dari pengembangan bahasa BASIC (Beginers All-Purposee Symbolic Instruction Code) di Dartmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960. Sejak semula Basic dirancang untuk mudah dipelajari. Pada awal tahun 1975 muncul computer pribadi (Per'sonal Computer/PC) pertama, bermerek MITS Altair. Namun karena hanya memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang digunakan untuk pemograrrman adalah Assembly, bahasa ini sangat sulit untuk dipahami karena perintahnya mendekati bahasa mesin (Jogiyanto HM, MBA, Akt. 2005).
Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat potensi yang sangat besar pada komputer pribadi di masa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Ternyata sambutan masyarakat sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak dibidang software yang bernama Microsoft.
Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat patensi yang sangat besar pada komputer pribadi di masa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Temyata sambutan masyarakat
sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak dibidang software yang bemama Microsoft.
.           Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Dimana didalamnya disertakan pila bahasa basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC) Zaman pun berganti, pada tahun 1990 era. DOS berlalu dan digantikan era Windows.
Dari perkembangan ini akhirnya Microsoft membuat basic versi Windows, bahasa pemograman Basic ini dikenal dengan nama Visual Basic. Versi terakhirnya adalah Visual Basic 6.0 for Windows 98.

0 comments:

Post a Comment